Ketika saya mengacu pada dunia Web 2.0 yang banyak disesatkan dan sering disalahpahami, saya sebenarnya berbicara tentang penggunaan teknologi web yang interaktif dan kreatif seperti video online dan media sosial. Faktanya, alat-alat ini bahkan tidak secanggih yang Anda bayangkan. Yang terbaik dari semuanya, video online dan media sosial cepat, kuat, dan (kebanyakan) gratis. Sumber daya seperti YouTube, UStream, Facebook, dan Twitter berpotensi mengubah Anda menjadi hak merek nama merek dalam semalam.

Video Online

Video adalah senjata pemasaran dan pencitraan merek yang sangat kuat, karena video menciptakan hubungan pribadi. Sifat intim video memungkinkan orang melihat dan mendengar Anda, memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan kepribadian online Anda dan menjadi lebih akrab dengan calon klien Anda. Saat Anda membuat dan mengirimkan konten Anda melalui video, Anda juga meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas Anda. Ini menjadi lebih penting dalam ekonomi yang menantang, karena konsumen sangat memilih untuk berbisnis dengan orang yang mereka kenal, sukai, dan percayai.

Video online adalah alat pencitraan merek yang luar biasa, memungkinkan Anda untuk memperluas kehadiran Anda dan menyiarkan ke pemirsa di seluruh dunia, 24/7. Pastikan untuk mendaftar akun gratis di YouTube.com, jika Anda belum melakukannya! Setelah Anda meletakkan video Anda di web dengan mengunggahnya ke YouTube atau Blip, video itu dapat dibagikan di situs web atau blog Anda sendiri, atau di halaman Facebook Anda. Jadikan video Anda cukup pintar untuk diteruskan, dan tidak ada batasan untuk eksposur yang dapat Anda nikmati. Manfaat lain: Video meningkatkan peringkat mesin pencari Anda!

Cara gratis lainnya untuk menggunakan video online untuk membangun dan memperluas merek pribadi Anda termasuk menggunakan situs distribusi seperti TubeMogul untuk “meledakkan” video Anda ke beberapa situs hosting video sekaligus, atau membuat acara TV web live streaming Anda sendiri menggunakan Ustream.tv.

Media sosial

Selain keajaiban video, situs jejaring sosial seperti Facebook dan platform micro-blogging seperti Twitter dan Ping.fm membuat perluasan merek Anda cepat dan mudah – mungkin terlalu mudah. Satu catatan peringatan: Hanya karena Anda dapat membuat profil Facebook dalam hitungan menit, tidak berarti Anda harus masuk ke jejaring sosial mau tidak mau. Ingat, Facebook, MySpace, Twitter, LinkedIn, dan sejenisnya adalah bagian dari wajah publik Anda kepada dunia. Pastikan kehadiran Anda di situs ini telah dipikirkan dengan matang dan sejalan dengan merek yang Anda bangun.

Meski begitu, jejaring sosial bisa menjadi strategi luar biasa untuk meningkatkan kehadiran online Anda. Facebook dan Twitter, favorit pribadi saya, dapat membantu Anda menjadi lebih dikenal dengan cepat dan efisien. Facebook membantu Anda terhubung dengan individu yang berpikiran sama, bergabung dengan grup, berbagi pembaruan dan tetap terkini, sementara Twitter memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan koneksi Anda melalui pembaruan singkat (140 karakter atau kurang) sepanjang hari. Komunitas online ini adalah tempat lain bagi Anda untuk bersinar, berbagi, dan membentuk merek Anda.

Anda dapat memberi nilai tambah pada komunitas ini – dan membangun mata uang sosial Anda – dengan berbagi berita, informasi, tip, tautan, atau kontak yang relevan. Namun, melempar dan menjajakan barang dagangan Anda secara terang-terangan biasanya tidak disukai. Setelah Anda membangun kredibilitas dan niat baik, Anda dapat mengundang orang ke teleseminar atau mempromosikan produk Anda – gunakan kebijaksanaan Anda dan jangan menjengkelkan!

Apakah merek pribadi Anda memenuhi Enam C?

Ketika Anda telah membuat pernyataan Siapa dan Lakukan Apa dan Mengapa Anda Melakukannya, dan mulai mengembangkan merek Anda lebih lanjut menggunakan sumber daya Web 2.0 seperti video online dan media sosial, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk memiliki merek terobosan yang solid. . Apa pun keadaan ekonomi yang terjadi pada Anda, Anda akan berada dalam posisi yang baik untuk menghadapi badai. Namun untuk memastikan, mari kita uji merek Anda. Apakah merek pribadi Anda memenuhi enam C dari branding? Sebelum Anda meluncurkan kembali situs web Anda atau memesan kartu nama baru yang menggembar-gemborkan merek Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

Apakah merek Anda mencerminkan nilai INTI Anda?
Apakah merek Anda TERHUBUNG dengan pasar sasaran Anda?
Apakah merek Anda KONSISTEN di semua area?
Apakah merek Anda JELAS dan tidak membingungkan?
Akankah merek Anda MENANGKAP pelanggan Anda?
Apakah merek Anda cukup MENYENANGKAN untuk menggerakkan pelanggan Anda?
Enam C ini akan membantu memastikan bahwa merek pribadi Anda unik, mudah diingat, dan otentik. Perbedaan seperti itulah yang Anda butuhkan untuk menjadi sumber “tujuan” pasar sasaran Anda di saat-saat baik dan buruk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *